Begini Cara Menikmati Jernihnya Mata Air Sumber Sirah Di Malang

Begini Cara Menikmati Jernihnya Mata Air Sumber Sirah Di Malang

Kota Malang banyak menyuguhkan wisata alam yang patut kamu kunjungi. Salah satunya adalah Mata Air Sumber Sirah yang berada di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Malang. Tempat ini merupakan sumber mata air jernih yang dikelilingi dengan hutan dan perkebunan yang masih sangat alami.

Mata Air Sumber Sirah Malang
Mata Air Sumber Sirah Malang

Mata air ini memiliki air yang jernih dengan dasar kolam berwarna hijau yang semakin menambah keindahan kolam. Warna hijau di kolam tidak hanya berasal dari pantulan hutan dan sawah yang terkena cahaya matahari, tapi juga karena adanya Hydrillia atau ganggang hijau yang banyak tumbuh di dasar kolam. Jadi kamu bisa duduk santai atau berendam di tepinya untuk menikmati keindahan alam sekelilingnya.

Namun, tidak hanya itu. Kamu juga bisa berenang atau menyelam untuk melihat pemandangan dasar kolam sumber sirah yang tidak terlalu dalam tapi sangat jernih. Karena airnya jernih, kamu dapat berfoto di dalam air yang pasti akan menghasilkan foto underwater yang menarik. Beberapa rumah warga juga menyediakan peralatan menyelam yang di sewakan untuk pengunjung.

Mata Air Sumber Sirah Malang
Mata Air Sumber Sirah Malang

Spot Unggulan di Mata Air Sumber Sirah Malang

Salah satu wisata unggulan di mata air ini adalah olahraga river tubbing, dimana kamu akan diajak menikmati pemandangan di sepanjang sungai dengan menyusuri alirannya menggunakan ban atau tub. Untuk mencoba wisata ini, kamu bisa menyewa ban atau tub yang disediakan penduduk sekitar hanya dengan membayar Rp. 5000 untuk pemakaian satu jam.

Panjang lintasan untuk river tubbing hanya sekitar 100 meter. Meskipun tidak terlalu panjang tapi perjalanan saat mengarungi sungai tetap menyenangkan. Kamu bisa duduk atau tiduran di atas tub sambil menikmati keindahan alam sepanjang sungai sembari diayun oleh arus sungai yang tenang. Menyusuri sungai ini juga bisa dilakukan dengan berjalan kaki, hanya saja pengunjung perlu berhati-hati agar tidak terpeleset dengan pasir hitam di dasar sungai yang licin.

Mata Air Sumber Sirah Malang
Mata Air Sumber Sirah Malang

Saat berwisata di mata air ini, para pengunjung akan dikenakan larangan. Yaitu tidak boleh melompat dari atas ke dasar sungai. Ini karena dikhawatirkan pengunjung dapat terluka jika melompat ke sungai, mengingat sungai ini terdapat banyak bebatuan didasar dan sekitarnya. Jadi akan lebih aman jika kamu menikmati berwisata di Sumber Sirah dengan menyelam, river tubbing atau hanya sekedar berendam di tepinya.

Jadi, apa kamu tertarik pergi ke Mata Air Sumber Sirah di Malang ini? Untuk menikmati keindahan alam disana, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 1000 saja. Jika ingin berkunjung ke wisata ini, pastikan untuk datang sebelum sore karena tempat ini dibuka sejak pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore setiap harinya.

Untuk bisa mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitar Mata Air Sumber Sirah ini, kamu sebaiknya sewa mobil di Malang agar kamu bisa lebih mudah menjangkau semua tempat wisata menarik di sekitar.

WhatsApp chat